Kamis, 17 April 2014

Rambut Botak, 96461977



RAMBUT BOTAK


Setelah lama mencari-cari obat rambut untuk kebotakan
akhirnya saya menemukan hair tonic ginseng yg sangat mujar
ab,
dalam 2 bulan rambut saya tumbuh dan tidak rontok lagi...

Hair tonic ini diberikan oleh bapak saya (umur 75th) dua bulan lalu, yg dulunya juga
mengalami kerontokan..sehingga memakai topi kemana2 untuk menutupi
kebotakannya..dan sekarang beliau tidak memakai topi lagi,rambutnya tumbuh dan gak rontok
lagi, karena telah memakai hair tonic ini selama kurang lebih 3 bulan.. beliau juga sudah memberikan ke teman2 joggingnya , dan mereka mencobanya dan akhirnya mereka pada pesan hair tonic ini ke bapak saya dalam jumlah besar... karena ternyata khasiatnya.. berhasil , walaupun botaknya udah pada tipis2 rambutnya,..heheh
eh..... mereka katanya udah coba pakai nerix,gondowaxxxx,
obat2 pasaran,bukannya pada tumbuh malah rambutnya pada runtuh....

Lebih dari 8 th lalu saya udah mencari kemana2 untuk mengatasi kebotakan ini sampai saya pasrah karena gak berhasil2..., dulunya rambut saya lebat sekali,karena setiap hari rontoknya lebih dari 50 helai sehari mulai deh jidat di depan kelihatan..seperti lapangan bola....

untuk mengatasinya saya mencoba kesana kemari, sampai uang saya habis jutaan untuk hal tsb, saya ikut ke hair clinic di daerah kuningan dengan biaya yang mahal sekali dari obat2nya,
belum lagi dari treatmentnya tiap minggu yang bisa habis 1 juta, ternyata
hasilnya sama sekali tidak ada..malah botaknya tambah licin......mengkilap...


Akhirnya saya coba juga dengan hair tonic yg murah harganya cuma 80rb perak aja (TURUN HARGA)
dan sampo nya juga banyak di pasaran sunsilk anti ketombe..(10rb ukuran kecil) rambut saya mulai tumbuh lagi dan bisa panjang.. dulu sih boro2 bisa panjang 4 cm aja, udah hebat deh...dan juga gatal2 akibat ketombe hilang sama sekali, sehingga rambut saya mulai menutupi area yang kosong2 di kepala saya, heheheh saya sekarang merasa percaya diri kembali dan kelihatan lebih mudaann.. seneng banget deh...

Oh ya..untuk minuman dari dalam, saya minum susu sapi 1 gelas sebelum tidur, karena susu banyak vitamin,kalsium dan zat besi yang berguna untuk penguatan akar rambut.
Begitu juga sebaiknya hindari dari minuman alkohol dan rokok, dan yg paling utama adalah stress yg membuat kepala jadi panas....sehingga rambut jadi mudah rontok....




Hair tonic gingseng (Ada tumbuhan gingseng didalamnya) Rp 85rb (harga terbaru 3 Feb 2014).
mudah2an pengalaman saya ini dapat berguna untuk pembaca, siapa tahu cocok juga...
kan gak ada salahnya kan mencoba... paling2 cuma habis 110rb (plus ongkir)...daripada cobaiin yg jutaan gak
numbuh2...
berikut ini saya sertakan foto SIM saya tahun ini (25 Januari 2009), dan foto saya sekarang.
















Kalau anda tertarik mau coba hair tonic ini anda bisa pesan lewat saya (lewat sms/telp ) atau
datang saja ke alamat ini, Toko (Raisa Komputer) Tebet Utara I no 45c, Jakarta 12820. Telp/SMS  (021) 96461977 utk smarfren 0882-1830-9930 .  SMS dilayani hanya jam 7 pagi sampai dengan jam 8 malam. Selain jam tsb tidak dilayani.
Untuk pemesanan dari luar kota bisa transfer ke rek :

Bank Mandiri
Atas nama Sarwo Edi.
No rekening :156-000-2673-533

Bank BCA
Atas Nama Sarwo Edi
No rekenening: 578-051-3839

Ongkos kirim lewat paket TIKI ,Biaya pengiriman ke daerah JABOTABEK (10rb), P. Jawa(25rb), sumatera (35rb),kalimantan (40rb), Sulawesi (45rb). Untuk 1 botol Rp 85rb, 2 botol Rp 160rb, 4 botol Rp 300rb, semakin banyak semakin murah. Pemesanan sampai 4 botol, ongkos kirim tetap, karena berat 4 botol, total beratnya masih 1 kg.

Setelah transfer Rp 85rb + ongkos kirim, kirim sms nama dan alamat lengkap anda ke 088218309930 . Kami akan cek transfer anda, dan akan kami kirim lewat   JNE hari itu juga, untuk pulau Jawa, pengiriman akan sampai 2-3 hari kerja, Sumatera/Kalimantan/Sulawesi 3-5 hari kerja.

NB: Toko kami miliki sendiri, m
ilik orang tua kami, (sudah 20th berdiri), bukan kontrak, Jadi gak usah kawatir, uang ditransfer ke kami, pasti kami kirim barangnya...
Kami sudah kirim ratusan botol,jadi belum pernah satu orangpun yg tidak terkirim. Kalau tidak terkirim anda bisa complain lewat esia kami,atau no telkom kami, atau email ke sarwoedi@yahoo.com karena kami bisa cek lewat JNE secara online. Terimakasih..
Berikut ini contoh kwitansi bukti pengiriman lewat JNE














Tingkat keberhasilan sangat tergantung pola hidup sehat, makan-makanan yg tidak berkolestrol/berlemak, berolahraga secara teratur sehingga peredaran darah lancar ke kepala,tidak merokok, tidak stress , minum vitamin b komplex , cek tekanan darah sampai kondisi optimal (120/80), cek kolestrol, cek kadar gula, sampai semuanya kondisi optimal,
jika tidak ada perkembangan (pertumbuhan), cek ke dokter (kulit) apa ada kemungkinan jamur/ketombe/penyakit lain yg menyebabkan kerontokan rambut.

Shampo juga sangat berpengaruh pada rambut anda, carilah shampoo yg cocok, mahal tidak apa2, pakailah conditioner sehingga melembutkan rambut anda. Efek shampoo yg tidak cocok membuat rambut sangat kering, gersang dan gampang rontok sehingga membutuhkan waktu yg cukup lama menormalkan kembali. 


PERTANYAAN  YG SERING DITANYAKAN...
1. Bagaimana Cara pemesanannya ?

Jawab:  SMS ke 088218309930, jumlah botol, nama dan alamat lengkap
             akan dijawab: harga plus ongkos kirimnya, berikut No Rekening BCA/Mandiri diatas.

2. Apakah Proto Ginseng ini ada Jaminan?

Jawab: Tidak ada, karena ini bukan obat dewa, yang pasti dijamin sembuh.
             karena kebotakan banyak sebabnya, bisa akibat shampo, ketombe,dll
             untuk akibat jamur, hormon (DHT) sebaiknya ke dokter kulit, karena akan
             dikasih obat dalam (diminum)

3. Apakah botak yang sudah licin (botak habis) bisa disembuhkan?

 Jawab: Sukar, karena sudah tidak ada akarnya lagi, kemungkinan bisa, dengan cara transplatasi oleh
             dokter.

4. Apakah dijamin barang yg dipesan akan sampai ?
       
Jawab: Dijamin sampai. Barang kadang2 lama sampai, bisa alamat tidak lengkap, hari libur panjang               (Tanggalan Merah), Tidak ada orang dirumah, No Resi JNE akan diberikan jika diminta, dan bisa ditrack lewat  internet.




Artikel terkait dari dari detik.com


5 Penyebab Masalah Kebotakan
Vera Farah Bararah - detikHealth-->



(Jakarta, Kebotakan merupakan salah satu masalah umum yang terjadi pada rambut. Masalah ini bisa terjadi pada perempuan ataupun laki-laki, namun unumnya banyak terjadi pada kaum laki-laki.Masalah kebotakan biasanya diawali dengan rambut yang mudah rontok dan patah.

Rambut yang rontok ini biasanya dimulai dari d.ahi dan makin lama makin mundur, sehingga menyebabkan kebotakan di daerah depan kepala.Namun, pada beberapa orang justru ada yang mengalami kebotakan di daerah tengah rambutnya.

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan kebotakan, beberapa diantaranya mungkin tidak bisa dikontrol.Berikut ini adalah beberapa penyebab kebotakan, seperti dikutip dari eHow, Jumat (14/8/2009):

Faktor turunan, American Academy of Family Physicians menyatakan bahwa penyebab kebotakan yang paling umum adalah karena faktor keturunan. Jika orang tua mengalami kebotakan maka kemungkinan salah satu anaknya ada yang mengalami kebotakan juga.


Hormon yang tidak seimbang, penyebab kebotakan karena hormon yang tidak seimbang seperti androgens dan estrogens atau tidak terlalu aktifnya kelenjar tiroid. Kondisi hormonal ini bisa diatasi dengan mengunjungi dokter dan melakukan perawatan.


Efek setelah operasi, American Academy of Family Physicians mengatakan bahwa kebotakan kadang-kadang terjadi tiga atau empat bulan setelah menjalani operasi besar. Namun, setelah beberapa waktu berlalu rambut bisa tumbuh kembali.


Pengaruh obat-obatan, beberapa pengobatan seperti pengencer darah, pengobatan untuk tulang, kemoterapi dan obat antidepresi bisa menyebabkan rambut rontok yang dapat memicu kebotakan.

Akibat infeksi jamur, infeksi jamur yang terjadi di kulit kepala bisa menyebabkan kebotakan, sebaiknya segera diobati dengan obat anti jamur atau berkonsultasi dengan dokter kulit. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kebotakan, kecuali untuk faktor-faktor tertentu yang memang tidak bisa dicegah.


Untuk mencegah kebotakan ikuti beberapa langkah berikut ini:
Awali pagi Anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, akan memberikan nutrisi yang bisa melindungi kulit kepala dan kantung rambut. Makanan yang mengandung protein tinggi sangat baik untuk pertumbuhan rambut dan kuku.

Cobalah untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih. Air adalah salah satu cairan yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk rambut, karena kulit kepala akan menjadi lebih sehat jika banyak air putih yang masuk ke dalam tubuh.


Konsumsilah multivitamin. Khususnya yang mengandung nutrisi seperti beta karoten yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perawatan rambut.

Minum vitamin B kompleks karena mengandung protein tinggi yang baik untuk rambut, kuku dan kulit. Jika kulit sehat, maka akan membuat kulit kepala menjadi lebih sehat sehingga mencegah kebotakan dan mendorong pertumbuhan rambut. Setelah mengetahui penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya, mudah-mudahan Anda bisa terhindar dari masalah kebotakan ini.

---------------------------------------------------------------------------------
dari detik.com
img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Rambut rontok dapat disebabkan oleh banyak faktor termasuk efek samping dari obat tertentu, ketidakseimbangan hormon, stres atau bahkan kekurangan gizi. Beberapa nutrisi dapat mengatasi masalah tersebut. Apa saja?

Makanan kaya vitamin B, vitamin A dan E, zinc, besi, asam lemak omega-3 dan protein bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan rambut rontok atau pertumbuhan rambut rapuh dan tidak sehat.

Dilansir Livestrong, Senin (29/11/2010), berikut beberapa nutrisi terbaik untuk mengatasi rambut rontok:

1. Telur dan ayam
Asam amino adalah protein yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Makanan yang memberikan protein seperti daging, ikan, unggas, produk susu, makanan kedelai dan telur. Unggas dan telur merupakan pilihan yang sangat baik untuk mengatasi rambut rontok.

Telur kaya akan biotin dan vitamin B12, yang diperlukan untuk kesehatan rambut, kuku dan kulit. Ayam dan telur merupakan produk makanan yang memiliki protein berkualitas tinggi.

2. Ikan dan lemak omega-3
Mengkonsumsi makanan yang kaya asam lemak esensial atau yang dikenal sebagai omega-3 lemak tak jenuh, dapat menjaga rambut dan kulit selalu sehat. Makanan yang kaya asam lemak omega-3 adalah ikan, seperti salmon, sarden, halibut dan mackerel. Sumber biji-bijian yang kaya asam lemak omega-3 misalnya kenari, biji rami dan kacang kedelai.

3. Daging sapi, tiram dan kacang-kacangan
Daging sapi dan moluska terutama tiram, adalah sumber makanan yang terbaik dari zinc. Kekurangan zinc dapat menyebabkan rambut rontok berlebihan. Kacang-kacangan seperti kenari, almond dan mete juag kaya protein dan zinc. Selain itu, alpukat dan minyak zaitun juga kaya vitamin E dan dapat mempromosikan rambut sehat.

4. Sayuran hijau
Sayuran hijau gelap seperti bayam, brokoli, kol dan lobak Swiss, kaya akan zat besi, dan vitamin A dan vitamin C. Tubuh membutuhkan vitamin A dan C untuk menghasilkan sebum, yaitu zat berminyak yang disekresikan oleh folikel rambut. Sebum bertindak sebagai conditioner alami untuk rambut Anda.

------------------------------------------------------------

Cepat Botak Karena Rokok

Merry Wahyuningsih - detikHealth



img
foto: Thinkstock
Cambridge, Sebagian besar penyebab rambut rontok adalah seringnya penggunaan bahan kimia, seperti saat mewarnai, pengeritingan, meluruskan rambut berulang-ulang atau salah menggunakan shampo. Tapi bagi perokok, racun pada rokok juga dapat memicu kerontokan rambut yang bikin cepat botak.

Rokok tak hanya menyebabkan penyakit serius seperti jantung, paru-paru atau kanker, tetapi juga merusak penampilan seperti membuat kulit keriput, gigi kuning dan juga rambut rontok yang berpotensi mempercepat kebotakan.

Jumlah nikotin dan karbon monoksida dalam rokok telah ditemukan dapat membatasi aliran darah. Hal ini terjadi karena setiap kali jumlah nikotin bertambah di dalam otak, menyebabkan tubuh mengaktifkan hormon stres sehingga membebaskan lemak yang disimpan ke dalam aliran darah.

Hal tersebut dapat mengurangi oksigen dalam aliran darah. Padahal, agar folikel rambut berfungsi secara optimal dan menghasilkan pertumbuhan rambut di tingkat normal, sel harus mendapatkan oksigen, nutrisi dan mineral dalam jumlah yang cukup.

Dilansir Livestrong, Rabu (8/12/2010), merokok telah ditemukan dapat meningkatkan kadar hormon yang bertanggung jawab untuk kerontokan rambut pada pria.

Sebuah studi di Harvard University yang meneliti 1.241 pria paruh baya, membandingkan antara perokok dan non-perokok. Temuan menunjukkan peningkatan dihydrotestosterone (DHT) sebesar 13 persen dan juga peningkatan 9 persen testosteron pada perokok.

Hormon DHT merupakan penyebab alopecia androgenetic, yaitu kebotakan yang sering terjadi pada pria dengan memperpendek pertumbuhan (anagen).

Selain itu, merokok dapat mengganggu atau merusak sistem sirkulasi yang bertanggung jawab untuk mengirimkan darah ke sel-sel yang sebenarnya dari folikel rambut.

Merokok juga diketahui dapat mempercepat penuaan. Profesor William MacNee dari University of Edinburgh mengatakan asap rokok dan polutan lainnya dapat mempercepat penuaan dengan membuat peradangan di paru-paru.


Wortel dan Telur Bikin Rambut Sehat

Renny Wahyuningsih - detikFood
Wortel dan Telur Bikin Rambut SehatJakarta - Ingin memiliki rambut yang sehat dan indah? Selain dengan perawatan rambut teratur dan hidup sehat, makanan sehatpun bisa membuat rambut cantik dan sehat. Semuanya ada dalam bahan makanan sehari-hari. Apa saja ya?

Rambut sehat indah berkilau dambaan semua orang. Bukan hanya perawatan dari luar saja, perawatan dari dalampun sangat diperlukan. Dengan makan makanan yang tepat, rambut indah, sehat berkilau bisa didapat.

Rambut tumbuh sekitar 0.6 cm - 1.25 cm setiap bulan. Makan makanan dengan gizi seimbang yang meliputi banyak protein, zat besi, vitamin dan mineral akan membuat rambut tumbuh sehat dan berkilau.

Sumber nutrisi seperti omega-3 dan asam lemak, vitamin A, B, C dan D, seng dan zat besi merupakan nutrisi yang diperlukan untuk rambut tumbuh sehat. Asam lemak omega 3 membuat kulit kepala sehat. Jika kekurangan ini kulit kepala tidak kering dan rambutpun kusam. Vitamin A dan C membuat kelenjar minyak aktif dan membentuk pelembap alami buat rambut.

Beberapa jenis sumber nutrisi berikut ini bisa dikonsumsi secara teratur agar rambut selalu mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh. Kalau dikonsumsi secara teratur tentu saja rambut sehat sepanjang waktu bakal Anda miliki.

Ikan Laut

Ikan salmon dan tuna serta berbagai jenis seafood sangat kaya akan omega 3. Jika Anda vegetarian, bisa menggantinya dengan 1 atau 2 sdm flaxseed dalam makanan harian.
Daging dan Sayuran
Vitamin bisa diperoleh dari produk hewani seperti pada ayam, susu, hati sapi. Sedangkan yang dari tumbuhan dalam bentuk
betakaroten, alphacarotene dan betacryptoxanthin. Bisa didapat pada wortel, bayam, kangkung, mangga, pepaya, tomat, dan oatmeal. Selain itu untuk vitamin B, ada pada kubis, kedelai, kacang - kacangan, telur, beras merah dan gandum yang mengandung biotin atau vitamin B7 kompleks. Sedangkan untuk vitamin C, bisa ditemui pada buah jeruk dan lemon, kentang serta brokoli. Untuk vitamin E, bisa didapat pada kiwi, bayam, tomat dan almond.
Makanan kaya zat besi dan seng

Untuk menambah asupan zat besi bisa mengkonsumsi daging merah, kuning telur, sayuran berdaun hijau gelap (bayam), buah kering (kismis), ampela ayam, kerang dan scallop. Sedangkan untuk seng (zinc) bisa didapat dari daging sapi, kepiting, daging babi, sereal, ayam, dan kacang panggang.

Jika minum suplemen vitamin dan mineral, sebaiknya minum sesuai takaran terutama jika Anda sudah makan dengan takaran gizi seimbang. Menurut Eliezer Rachmilewitz, MD, dari Edith Wolfson Medical Center, Holon, Israel, mengkonsumsi zat besi terlalu banyak bisa membuat sel rambut mati dan rambut jadi rusak.
(eka/Odi)

Keseringan Masturbasi Bikin Pria Cepat Botak

Merry Wahyuningsih - detikHealth
<p>Your browser does not support iframes.</p>


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Masturbasi sepertinya sudah menjadi hal yang biasa dilakukan pria. Tidak sedikit pria yang melakukannya bahkan ada yang kecanduan. Tapi berhati-hatilah, keseringan melakukan masturbasi bisa membuat pria cepat botak.

Tidak ada batasan yang pasti tentang seberapa sering pria boleh masturbasi. Meski dipengaruhi banyak faktor termasuk usia, ada beberapa pendapat yang menyebut frekuensi ideal untuk ejakulasi adalah 2-3 kali seminggu baik melalui masturbasi maupun hubungan seks yang sesungguhnya.

Tapi masturbasi yang kelewat sering dapat menyebabkan terlalu banyak testosteron yang dikonversi menjadi DHT (dihydrotestosterone). Dan telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kebotakan pada pria secara langsung berhubungan dengan jumlah DHT di dalam tubuh.

DHT (Dihydrotestosterone) diproduksi dari hormon pria testosteron oleh aksi dari enzim 5 alpha reductase.

Ketika testosteron bereaksi dengan enzim 5-alpha-reductase, yaitu enzim yang ditemukan dalam sel-sel dari folikel rambut kulit kepala, maka testosteron akan dikonversi menjadi DHT, seperti dilansir Healthtree, Sabtu (19/3/2011).

DHT diproduksi di beberapa area tubuh, tetapi terutama dalam hati dan kulit (termasuk rambut). Banyak faktor yang meningkatkan produksi DHT dalam tubuh, seperti stress, genetika, hormon, dan stimulan tertentu.

Turunan dari testosteron ini mempengaruhi pertumbuhan rambut dengan cara mengikat reseptor dalam sel-sel folikel rambut. Ketika ini terjadi, folikel rambut diinduksi untuk memproduksi rambut tipis dan lebih rentan terhadap kerontokan rambut.

Tingginya kadar DHT dalam tubuh dapat menyebabkan kebotakan dan pembesaran prostat jika sirkulasi darah terganggu di daerah prostat sehingga menyebabkan akumulasi senyawa tersebut.

Membatasi frekuensi masturbasi akan membantu menjaga kadar DHT tetap rendah dan menghindari terjadinya kerontokan rambut.

Tubuh yang Sehat Harus Punya Ciri Dasar Ini

Vera Farah Bararah - detikHealth
<p>Your browser does not support iframes.</p>


img
(Foto: thinkstok)
Jakarta, Sehat atau tidaknya seseorang tidak bisa dilihat dari ukuran tubuh baik kurus atau gemuk. Ada ciri-ciri dasar dari seseorang yang memiliki tubuh sehat. Apa saja tandanya?

Ukuran tubuh umumnya ditentukan oleh seberapa banyak kalori yang masuk dan keluar, jadi tidak bisa menjadi tanda apakah seseorang sehat atau tidak. Sedangkan tubuh yang sehat ditentukan oleh pola makan yang tepat, aktivitas fisik dan pikiran yang tajam.

Berikut ini tanda-tanda yang dimiliki seseorang jika bertubuh sehat, seperti dikutip dari Livestrong, Sabtu (10/9/201) yaitu:

1. Tanda-tanda vital menunjukkan angka normal
Saat tekanan darah, denyut nadi dan suhu tubuh diukur akan menunjukkan angka yang normal. Tubuh yang sehat umumnya memiliki tekanan darah sekitar 120/80 mmHg, pernapasan sekitar 12-18 napas per menit, denyut nadi antara 60-80 per menit serta suhu tubuh antara 36-37 derajat celsius.

2. Punya energi yang cukup untuk melakukan tugas harian
Tubuh yang sehat akan membantu seseorang mempertahankan tingkat energinya. Ketika seseorang mendapatkan nutrisi yang tepat, cukup tidur dan berolahraga secara teratur maka tubuh akan memiliki energi yang cukup untuk melakukan semua tugas sehari-hari.

Sedangkan masalah yang biasa muncul seperti kelelahan biasanya disebabkan oleh kondisi tubuh yang kurang tidur, sedangkan perubahan tingkat energi yang terjadi secara mendadak sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter untuk mencaritahu penyebabnya.

3. Kondisi kulit, rambut dan kuku
Beberapa tanda kesehatan kadang bisa terlihat dari kulit, rambut dan juga kuku. Hal ini karena masing-masing bagian tubuh ini membutuhkan tingkat nutrisi seperti protein dan zat besi yang tinggi agar bekerja secara optimal.

Jika asupan nutrisinya kurang maka kulit akan terlihat kusam dan kotor, kuku menjadi rapuh atau mudah patah dan rambut rentan mengalami kerusakan atau rontok. Jika melihat kondisi tersebut cobalah memperhatikan pola makan yang dijalani.

4. Memiliki pemikiran yang tajam
Tubuh yang sehat akan membuat pikiran menjadi tajam. Ketika tubuh mendapatkan asupan dan pola hidup yang tepat maka otak akan bekerja lebih baik karena keduanya sangat berhubungan.

Antioksidan, vitamin dan mineral bisa membantu menjaga jaringan otak tetap sehat, sedangkan olahraga dna aktivitas fisik membantu memperlambat penurunan mental karena meningkatkan aliran darah ke otak.

-------------------------------------------------------

KOMPAS.com - Masalah kerontokan rambut menimbulkan kekhawatiran bagi perempuan juga laki-laki. Penelitian yang dilakukan Research International tahun 2008 terhadap 601 perempuan dan 201 pria Indonesia, pengguna produk perawatan rambut, menunjukkan data dan faktanya.

Sebanyak 36 persen perempuan Indonesia mengalami masalah rambut rontok, dan 78 persen dari mereka mengaku khawatir terhadap kerontokan rambut. Sementara, 16 persen laki-laki Indonesia menyatakan dirinya mengalami masalah rambut rontok. Dan sebanyak 75 persen laki-laki khawatir akan masalah rambut rontok ini.

Kekhawatiran yang paling umum ditemui adalah kebotakan. Banyak orang khawatir rambut tidak lagi tumbuh. Meski sebenarnya, rambut secara alami mengalami tiga fase. Rambut rontok termasuk salah satu fase alami. Namun, kekhawatirannya adalah, rambut tak mengalami pertumbuhan baru setelah melewati fase rontok tersebut.

Siklus rambut
Siklus hidup rambut normal mengalami tiga fase. Yakni fase pertumbuhan (anagen) , fase istirahat (cantagen), dan fase rontok (telogen). Jadi rambut rontok merupakan fase alami yang pasti terjadi pada semua orang. Tidak perlu cemas, dalam keadaan normal siklus rambut akan kembali lagi berulang mengalami fase pertumbuhan (anagen), dan berulang seterusnya. Rata-rata rambut orang Asia tumbuh sekitar 1-1,5 cm per bulan.

Namun kerontokan yang lebih dari 100 helai per hari perlu diwaspadai. Apalagi jika di area
kerontokan tersebut tidak lagi mengalami pertumbuhan rambut baru.

Butuh perawatan
Salah satu penyebab mengapa pertumbuhan rambut baru tak terjadi adalah karena terjadinya pengerasan kolagen pada pangkal rambut, di bawah kulit kepala. Pengerasan kolagen ini menutup pangkal rambut, menyulitkan penyerapan nutrisi, menyebabkan penyatuan antara pangkal rambut dan kulit kepala menjadi lemah, dan serat kapiler menjadi lebih tipis.

Apabila tidak dirawat, rambut akan rontok lebih cepat, yang akan menimbulkan penipisan dan tanda awal kebotakan. Jika rambut tidak lagi mengalami fase pertumbuhan (anagen), maka tidak ada lagi rambut tumbuh dan kebotakan pun mengancam.

Perawatan juga pencegahan
Selain membutuhkan perawatan intens dengan produk perawatan rambut yang tepat, Anda juga bisa melakukan pencegahan kerontokan rambut.

Salah satu pemicu masalah rambut rontok adalah stres. Saat stres menyerang, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan relaksasi seperti yoga, meditasi, terapi, dan lain-lain. Dan, sebisa mungkin hindari stres yang berlebihan dan nantinya biarkan rambut rontok kita akan tumbuh kembali lagi.

Diet terlalu ketat juga membuat rambut rontok. Pastikan asupan protein mencukupi kebutuhan harian. Karena protein merupakan nutrisi yang sangat penting untuk membuat rambut kita tetap sehat dan utuh.
(ver/ir)

Jumat, 10/02/2012 06:53 WIB

Olahraga Berlebihan Bisa Bikin Kepala Cepat Botak

Merry Wahyuningsih - detikHealth


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Olahraga dapat menjaga tubuh dan rambut tetap sehat asal tidak dilakukan secara berlebihan. Berolahraga berat tanpa memenuhi kebutuhan gizi dapat menyebabkan masalah kerontokan pada rambut yang bisa membuat kepala cepat botak.

Olahraga secara teratur dapat mencegah beberapa bentuk kerontokan rambut karena meningkatkan kesehatan umum serta sistem sirkulasi darah di tubuh. Kondisi rambut bahkan sering dijadikan cerminan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Olahraga juga adalah komponen kunci untuk meningkatkan kesehatan pada orang yang memiliki penyakit peripheral artery (arteri perifer), yang dapat menyebabkan kerontokan rambut pada kaki, seperti dilansir Mayoclinic, Jumat (9/2/2012).

Namun olahraga berlebihan selama jangka waktu yang panjang dapat membuat tubuh mengalami kondisi stres kronis. Stres kronis adalah salah satu dari dua penyebab utama telogen effluvium (TE), yaitu kondisi di mana folikel rambut masuk ke fase istirahat sebelum waktunya, yang menyebabkan lebih banyak rambut rontok ketimbang rambut yang tumbuh, menurut laporan American Hair Loss Association.

Selain stres kronis, gizi buruk adalah penyebab TE lainnya, yang menyebabkan penipisan rambut di seluruh kulit kepala.

Olahraga berlebihan juga dapat membuat Anda berisiko lebih tinggi mengalami anemia (defisiensi zat besi). Salah satu konsekuensi dari kekurangan zat besi dapat menyebabkan kerontokan rambut, menurut University of Maryland.

Penumpukan keringat yang bersifat asin selama olahraga juga dapat menjadi faktor kerontokan rambut. Penumpukan cairan asin di kulit kepala dapat menyebabkan rambut rontok serta kusam dan kering.

Anda dapat mencegah kerontokan rambut karena keringat dengan cara mengontrol keringat dan segera mencuci rambut dengan yang sampo ringan dan pH seimbang setidaknya sekali seminggu.

(mer/ir)


Cegah Kerontokan Rambut dengan Teknik Keramas yang Tepat

Kiki Oktaviani - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Mencuci rambut secara teratur berfungsi untuk menjaga rambut tetap bersih dan indah. Namun, bila salah dalam pencuciannya bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Berikut ini adalah beberapa tips dari stylish and trendy tentang cara mencuci rambut yang efisien untuk mengurangi kerontokan rambut.

1. Basahi rambut seluruhnya sebelum menerapkan shampo. Hal ini agar bahan kimia yang ada pada shampo tidak langsung terserap oleh rambut.

2. Ambil shampo secukupnya untuk membersihkan rambut. Hindari penggunaan shampo yang terlalu banyak karena malah membuat rambut menjadi kering setelah keramas.

3. Oleskan shampo pada rambut sambil memberi pijatan secara lembut dengan jari Anda. Fungsinya tidak hanya menghilangkan kotoran dan minyak di kulit kepala, tapi juga dapat melancarkan peredaran darah yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.

4. Bilas shampo di rambut sampai bersih agar kandungan kimia tidak menempel pada rambut.

5. Jika rambut Anda sangat kotor, kembali terapkan shampo, namun dengan takaran shampo yang lebih sedikit. Cara mengetahui rambut Anda kotor adalah, saat memberikan shampo pertama kali jika tidak terlalu berbusa maka rambut Anda sangat berminyak dan kotor. 

6. Terapkan kondisioner hanya pada ujung rambut saja dan diamkan tiga sampai lima menit, lalu bilas rambut.

7. Setelah bersih, biarkan kelebihan air pada rambut, jangan memutar rambut atau memelintirnya karena rambut akan rontok.

8. Ambil handuk, lalu tekan-tekan rambut pada handuk. Jangan menggosoknya, karena gesekan akan membuat rambut menjadi pecah-pecah dan rontok.

9. Hindari menyisir rambut saat rambut sedang basah. Pada saat itu, rambut masih sangat rapuh. Jika sudah setengah kering, sisir rambut dengan sisir bergigi jarang, untuk menghindari kerontokan. 

10. Hindari mengeringkan rambut dengan alat pengering rambut (hairdryer). Keringkan rambut secara alami.

11. Jika Anda melakukan blow dry, pastikan melakukannya secara hati-hati. Rambut jangan ditarik terlalu keras dengan sisir blow.

Dapatkan update terkini tentang hair & fashion juga aktifitas seru lainnya! Kunjungi Sunsilk hair fashion www.hairfashion.me

(kik/hst)